SobRydO.com
navigation
Home
About Us
Hot deal Hot Deals Products!!!
Free Merchandise
SobRydO.com Blogs
Download
Report Spam Complaints
left right
 
 
News
Tujuan Pelatihan SDM dan Pengembangan SDM Tujuan Pelatihan SDM dan Pengembangan SDM - Last Update : 1/7/2014 3:56:20 PM - Views : 2381

Secara makna, pelatihan SDM adalah setiap usaha untuk memperbaiki performa seorang pekerja pada suatu bidang pekerjaan tertentu yang menjadi tanggungjawabnya, atau satu pekerjaan yang ada kaitannya dengan pekerjaannya. Pelatihan SDM harus dirancang agar dapat mewujudkan tujuan-tujuan organisasi, dan pada waktu yang bersamaan juga mampu mewujudkan tujuan-tujuan dari para pekerja secara perorangan.

Mengapa Pelatihan SDM Dianggap Perlu?

Pelatihan SDM bertujuan agar setiap pekerja dapat meningkatkan kemampuannya dalam melaksanakan pekerjaannya, karena dengan meningkatnya persaingan dan semakin berkembangnya jaman, dituntut para pekerja yang mampu terus bersaing dan terus meningkatkan kemampuannya agar tidak ketinggalan dari pesaing. Dan secara otomatis dengan meningkatnya performas pekerja akan berakibat baik pada perkembangan perusahaan. Pengelolaan SDM yang baik harus dilaksanakan secara berkesinambungan melalui rangkaian aktivitas yang terintegrasi. Dengan pengelolaan SDM yang baik maka dapat diciptakan SDM yang profesional dalam jumlah memadai berdasarkan keahlian yang dibutuhkan sesuai tuntutan perkembangan usaha, sehingga tercapai produktivitas SDM yang optimal dalam mendukung keberhasilan implementasi strategi yang telah ditetapkan.

Untuk menghasilkan kualitas SDM yang berkualitas, diperlukan pendidikan dan pelatihan yang terus menerus. Pendidikan dan pelatihan ini bisa dilakukan secara internal perusahaan,in house training, ataupun mengirimkan pekerja secara bergantian ke berbagai training provider baik di dalam negeri maupun di luar negeri, untuk mengikuti pelatihan SDM, workshop, seminar dan lain-lain.
Secara umum pelatihan SDM bertujuan untuk menyediakan pekerja yang siap pakai baik dari sisi kompetensi, manajerial, maupun perilaku, sehingga memberikan kontribusi positif bagi perusahaan yang secara terus menerus sesuai dengan perkembangan persaingan dan jabatan.Pelatihan SDM juga bertujuan untuk dapat menyiapkan kaderisasi bagi jabatan-jabatan yang akan dikembangkan perusahaan di masa yang akan datang, sehingga pada saatnya tidak memerlukan waktu untuk pengisian jabatan tersebut.

Jenis Jenis Pelatihan SDM

Saat ini sudah banyak perusahaan yang telah memberikan perhatian secara penuh dalam memberikan pendidikan dan pelatihan SDM bagi para pekerja nya secara berkesinambungan dan untuk regenerasi pimpinan perusahaan. Secara garis besar program pendidikan dan pelatihan terdiri atas:
  • Program pembekalan bagi para pekerja yang baru masuk. Pendidikan yang diberikan berupa pembekalan pengetahuan dan ketrampilan dasar yang diperlukan pada saat pekerja yang bersangkutan menduduki jabatan yang baru, sesuai yang direncanakan saat perekrutan.
  • Pendidikan pengembangan. Merupakan pendidikan yang diberikan kepada pekerja yang sudah atau akan dipromosikan ke jenjang ekselon yang lebih tinggi dalam layer manajerial. Dapat pula berupa pendidikan S2 di dalam negeri maupun di luar negeri untuk para staf yang dinilai mempunyai potensi untuk menjadi pimpinan yang tangguh di masa depan.
  • Pendidikan aplikasi. Pendidikan ini bertujuan untuk meningkatkan dan memperdalam pengetahuan, serta ketrampilan pekerja dalam mendukung pekerjaannya sesuai jabatan yang diduduki saat ini. Pendidikan aplikasi dapat dilaksanakan secara in house training, maupun mengikut sertakan pekerja dalam public training, baik di dalam maupun di luar negeri. In house training yang diselenggarakan termasuk workshop, seminar atau benchmarking profil bisnis yang potensial, yang bertujuan memberikan gambaran terhadap industri yang bersangkutan beserta tip dan tricks dari para pelaku bisnis yang memberikan pelatihan.


Tahapan Pelatihan SDM

Berikut adalah tahapan Pelatihan SDM:
  • Penentuan kebutuhan pelatihan SDM
    Tujuan penentuan kebutuhan pelatihan SDM ini adalah untuk mengumpulkan sebanyak mungkin informasi yang relevan guna mengetahui data atau menentukan apakah perlu tidaknya dilakukanpelatihan SDM dalam organisasi tersebut.
  • Mendesain program pelatihan SDM
    Ketepatan metode pelatihan SDM tergantung pada tujuan yang hendak dicapai identifikasi mengenai apa yang diinginkan agar para pekerja harus mengetahui dan harus melakukan.
  • Evaluasi efektifitas program pelatihan SDM
    Pelatihan SDM harus merupakan suatu solusi yang tepat bagi permasahan organisasi, yaitu bahwa pelatihan SDM dimaksudkan untuk memperbaiki kekurangan dari keterampilan setiap pekerja. Tujuan dari tahap ini adalah untuk menguji apakah pelatihan SDM tersebut efektif di dalam mencapai sasaran-sasarannya yang telah ditetapkan.


PELATIHAN MOTIVASI

Pada kategori Pelatihan motivasi, fokus pelatihan SDM ini diutamakan kepada semua elemen di dalam sebuah perusahaan, baik itu dari level atas hingga level bawah. Setiap orang membutuhkan motivasi agar dapat meraih prestasi yang terbaik. Demikian juga seorang karyawan/pimpinan sebuah perusahaan, pasti juga membutuhkan motivasi untuk membantu perusahaan agar dapat mencapai target yang diinginkan. Hal ini dikarenakan setiap orang yang bekerja secara terus menerus pasti suatu saat akan merasa jenuh dan pada akhirnya justru dapat menurunkan produktivitas kerja. Oleh karena itu pelatihan motivasi ini akan mencetak anda menjadi motivator.
Pelatihan motivasi kini semakin dibutuhkan mengingat semakin tingginya persaingan. Sehingga pelatihan motivasi akan sangat bermanfaat karena dapat memberikan dorongan, stimulus dan semangat kepada setiap orang untuk dapat melakukan sesuatu secara lebih baik agar tercapai tujuan yang diinginkan. Beberapa hal yang dapat dirasakan oleh setiap peserta pelatihan motivasiantara lain me-refresh otak, pikiran dan fisik setelah sekian lama menjalani rutinitas, menghilangkan kejenuhan dalam menjalankan tugas dan menumbuhkan kecintaan pada pekerjaan.
Selain itu, in house training, maupun mengikut sertakan pekerja dalam pelatihan motivasi juga memberikan semangat untuk dapat selalu berpikir positif, memahami dan mengaktifkan potensi diri, meningkatkan keyakinan, motivasi dan percaya diri, mencetak pribadi yang rendah hati, dan menghargai perbedaan, menjadi pribadi yang tulus, dalam melayani, memahami proinsip, sukses untuk meraih cita-cita, karier dan kehidupan pribadi. Selain itu juga pelatihan motivasi dapat meningkatkan jiwa kepemimpinan (leadership) yang bertumpu pada kecerdasan emosi dan spiritual.
Pada kategori pelatihan motivasi ini, ada berbagai jenis pelatihan motivasi yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dari setiap perusahaan. Harapannya, dengan mengikuti pelatihan motivasi ini, kualitas dan kinerja pimpinan dan karyawan perusahaan meningkat sehingga dapat memberikan manfaat bagi kemajuan perusahaan.

Kategori Pelatihan Motivasi

Dibawah ini adalah beberapa menu pelatihan motivasi yang dapat anda pilih sesuai dengan kebutuhan anda.
  • Fresh Up Motivation Training With NLP (Neuro-linguistic programming)

Self Transformation for Excellent Personality

Pelatihan ini didisain dengan menggunakan pendekatan Hypnotherapy (mengoptimalkan pikiran bawah sadar) dan NLP (Neuro-Linguistic Programming) untuk menambah keberlimpahan mental, motivasi dan soft skill para staf/anggota perusahaan/organisasi sehingga mampumengeksplorasi potensi diri dan anak buahnya, serta siap berubah setiap saat ke arah yang lebih positif tanpa keluar dari Comfort Zone.

TUJUAN & MANFAAT PELATIHAN

Pelatihan Self Transformation for Excellent Personality ini memiliki tujuan antara lain :
  • Peserta memahami prinsip-prinsip kerja otak dan cara untuk memilih pikiran-pikiran yang terlintas, hanya untuk memberdayakan diri saja.
  • Peserta menguasai metode dasar Mind Reframming dan Suggestible-state sehingga mampu mengubah persepsi negatif menjadi lebih positif.
  • Peserta menguasai Fast Motivation Technique yang bisa digunakan dalam situasi-situasi yang menekan dan mendesak
  • Peserta mampu mendeteksi adanya Limiting Belief dan mahir dalam melakukan Self Mind-Reconstruction
  • Peserta mampu membuat SMART Goal dan memprogramkannya ke Pikiran Bawah Sadar


MATERI PELATIHAN

Berikut adalah ringkasan materi pelatihan Self Transformation for Excellent Personality yang akan dikemas dan disampaikan dengan menggunakan pendekatan Hypnotherapy (mengoptimalkan pikiran bawah sadar) dan NLP (Neuro-Linguistic Programming) :
  • Mengetahui cara kerja dan mekanisme otak dalam menerima segala stimulus eksternal (External Event).
  • Memahami bagaimana sebuah pikiran menjadi persepsi.
  • Memahami cara mengubah persepsi sehingga memberdayakan pikiran.
  • Menguasai teknik mendeteksi adanya Limiting Belief dan cara melakukan Self Mind-Reconstruction.
  • Mengetahui 4 pola bahasa Limiting Belief.
  • Menguasai Teknik CRAFT untuk merekonstruksi Limiting Belief.
  • Menguasai Forgiveness Tehcnique.
  • Mengetahui 4 Negative Emotions.
  • Melakukan Teknik Memaafkan, baik terhadap diri maupun orang lain.
  • Menguasai Anchor Technique.
  • Mengetahui cara Visualisasi yang berdampak.
  • Menguasai pengaplikasian Anchor dalam pekerjaan.
  • Mengetahui cara membuat S.M.A.R.T. Goal.


Informasi lebih lanjut :
Candie 0819 600 2511

BRAVO2014


Source : http://www.candiewilly.com

Recent Visitor Also Read This
Sony Pictures leads studios with four Golden Globes film wins- Views : 1466
Hati-hati, Mengetik Sambil Berjalan Bisa Ubah Postur Tubuh- Views : 1922
Summary of Leadglass Filled Corundum- Views : 1288
Jang Song Thaek execution bodes ill for China- Views : 2910
Primbon tahi lalat pada bagian2 tubuh wanita- Views : 1651


Share on Facebook
e-mail GoogleBookmark ShareLinkedin SharesDelicious Sharestumbleupon
PanahNewsBerita Populer Lainnya